Penanggulangan Gigi Taring Membusuk

16:59 Unknown 0 Comments

Seputar gigi taring yg membusuk:

setiap musang biasnya membutuhkan taringya untuk menerkam/mengigit mangsanya yg berguna juga untuk mencegkram kuat.
sering kali kita temukan bahkan kita lakukan penumpulan taring/gigi di ujungx (sy pernah mlakukan hal tsb),penumpulan taring biasnya dilakukan untuk alasan kselamatan owner juga,hal tsb hal yg wajar ada juga yg mendapatkan musang yg liar/galak maka dilakukan penumpulan di bagian taring,tetapi byk yg menyukai taring yg ori,hal tsb juga wajar karena disini kita melihat situasi dan alasan masing2 pihak.oke...
beberapa th lalu sy mengalami hal yg menurut sya membingungkan,dan ini terjadi lebih dari 1x. Penumpulan yg dilakukan secara asal2an atau memakai tang potong tetapi memecah taring yg telah ditumpulkan (beberapa teman mempunyai musng dgn kondisi ini).
taring yg pecah biasanya akan mengakibatkan pembusukan,hal ini tdk disadari oleh kita,pembusukan tsb biasanya dlm waktu yg lama,bahkan tahunan, taring musang yg ditumpulkan itu terlihat lubang kecil di tengah taring!yg mnghubungkan syaraf ke ruang gusi musang,bahkan syaraf gigi terhubung ke syaraf kepala loh:)
salah satu dampak akibat gigi yg berlubang ialah,masuknya bakteri dari sisa makanan dan air minum ke gusi,bahkan bisa mngakibatkan pembengkakan gusi,bahkan mata musang..
bila kita perhatikan gigi musang yg ditumpulkan tanpa dirawat terlihat kecoklatan (biasanya) berbeda dgn susunan warna gigi lainx.
Salah satu tips yg baik sih kita menyumpal taring yg sudah ditumpulkan tsb dgn gips gigi( biasanya hanya beberapa org yg melakukanya)agar gigi terlihat rapih sesudah di tumpulkan...
tetapi banyak juga musang2 yg tumpul/pangkur taringya masih sehat sampai sekarang ko:)
salah satu hal yg bsa dilakukan pada saat kita mengetahui taring yg kita tumpulkan pecah terlihat sampai ke gusi,sebaiknya dilakukan pencabutan (hanya untuk yg paham n harus safty y)apabila tdk dilakukan, biasany akan mengalami pembusukan yg cepat.
Bila musang yg dilakukan penumpulan taring di umur 1-2bulanan biasanya akan menanggalkan/mencopot taringya untuk penumbuhan taring baru..sebaiknya penumpulan taring disertai oleh orang yg paham dan pernah melakukanya...
salah satu penanganan gigi/gusi yg bengkak bisa di kompres dgn antobiotic betadine kumur yg rendah alkohol y.
lakukan sehari 2-3x untuk meringankan bengkak n menghilangkan kuman, beberapa kasus musang kita males makan atau terjadi infeksi dlm mulut bisa juga diakibatkan dari bakteri tsb.
untuk yg uda terlanjur menumpulkan taring (spt bebrapa musang sya dulu) ya selayaknya dirawat dgn baik saja:) bila terjadi sesuatu hub klinik/vet terdekat agar musang2 kita terjaga kesehatanya.
oke dkit aj share dr sy lagi buat mli.cheers:) BOIM*

0 comments: