Sedikit ulasan tentang PARVO

17:14 Unknown 0 Comments





 teman MLI yang bernama cahya N. memberi sedikit ulasan tentang PARVO mari simak..

PARVO VIRUS/CPV

berdasarkan pengalaman saya akan kehilangan musang saya...saya akan share tentang parvo virus (Canine Parvo Virus/CPV)...
parvo virus banyak menyerang anjing...tp sangat tidak menutup kemungkinan musang kita bisa terkena virus ini.
1. musang yang terkena virus ini tidak akan secara langsung mengalami gejala klinis...karena masa inkubasi virus berkisar antara 3-10 hari (tergantung daya tahan tubuh musang).
2. tahap selanjutnya dari serangan virus ini adalah muntah, bentuk muntahan diawali dengan muntah seperti air liur (bening berbuih). muntah seperti ini akan dialami musang selama beberapa hari, semakin lama bentuknya akan kental dan berwarna makin kuning hingga kehijauan.
3. tahap berikutnya adalah Pup campur darah atau diare darah. saat tahap ini berlangsung musang kita akan lemas, parvo virus telah menghancurkan pencernaan musang kita. saya yakin rasanya pasti sangat sakit. bila dilakukan cek lab pada musang kita, biasanya leukosit (sel darah putih) akan jauh di bawah normal. saat tahap ini kita harus banyak berdoa.
4. masa kritis musang yang terserang parvo selama 72 jam terhitung dari pertama dia pup campur darah/diare darah. 24 jam pertama adalah saat virus menyerang anti bodi musang kita, saat itu biasanya terjadi banyak kematian karena diare darah dan muntah yang berkepanjangan. 24 jam ke 2 adalah saat pembentukan antibodi musang kita, bila musang kita blum di vaksin, sulit untuk melewati tahap ini karena gagal untuk membentuk antibodi. 24 jam ke 3 adalah saat antibodi musang kita balik melakukan penyerangan terhadap virus.
5. bila musang berhasil melewati masa kritis maka kesehatanya akan terlihat meningkat secara signifikan.
CARA MENGATASI
1. VAKSIN ketika musang dalam kondisi sehat.
2.bila sudah menunjukan gejala klinis (muntah) segera bawa ke drh, minta klo perlu paksa dokternya buat kasih antibiotik.
3. bila sudah mendapat antibiotik tetapi tetap mengalami muntah, cek terus pupnya, bila muncul bercak darah, mulai hitung hari (72 jam), sambil terus beri asupan makanan dan antibiotik, bila dirasa musang kita lemas...langsung bawa ke klinik/RSH untuk diinfus.
4. untuk mendorong antibodynya terbantuk, beri suplemen pembentuk antibody (imunomodulator), untuk virus beri ISPRINOL (imunomodulator anti virus).
5. setelah setelah semua treatment diatas dijalankan, kita harus BERDOA..
6. bila musang kita telah divaksin, bukan berarti musang kita akan aman dari virus-virus, tetapi setidaknya antibody telah terbentuk untuk melawan virus-virus tersebut.
SEMOGA BERMANFAAT....

0 comments: